Oleh: A. Nauri*
DARUL ARQAM PARIPURNA atau yang disingkat dengan DAP ini diselenggarakan DPP IMM yang disambut oleh IMM Maluku berlangsung selama 6 tersebut dengan Tema ‘Aktualisasi Integritas Ikatan Menuju Kepemimpinan Kolaboratif’ dalam hal ini jika kita menengok tema besar tersebut maka ada nilai-nilai menjunjung tinggi pada dasar kualitas mutu serta perwujudan sesuai dengan tujuannya.

Kami atas nama kader IMM bersukaria dalam keberlangsungan dan kesuksesan DAP ini karena dari DPD IMM Kalsel turut menggembirakan dan mengirimkan Kader-Kadernya sebanyak 2 orang dengan gelar nama IMMawan dan IMMawati Namun kita perlu sadar dan menyadari diselenggrakannya Darul Arqam Paripurna ini bertujuan untuk kesukseksan inti perkaderan ataukah menyukseskan acaranya dalam Tujuan Perkaderan itu.

Demikian setidaknya kegembiraan kader yang ikut dalam Darul Arqam Paripurna ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sesuai dengan tema yang di cantumkan pada kegiatan Darul Arqam Paripurna itu.

Bergembira Dalam Pergerakan. Namun secara tidak langsung Dua Kader DPD IMM Kalsel ini mempunyai bakti yang tinggi atas prinsip tujuan perkaderan bahkan mampu untuk menukik serta menerjang arus perkaderan dimasa pandemi covid 19 ini. Dan tentunya kita sebagai kader IMM menyadari akan keberadaan eksposisi IMMawan dan IMMawati yang telah menggembiarkan DAP ini dengan cara mempertanyakan diri mereka ataukah diri kita sendiri.

Mengapa hal itu demikian? karena kemungkinan yang terjadi adanya disposisi perkaderan ataukah eksplorasi menyambut Muktamar demikian rupa dengan konsep yang ditawarkan ataukah solusi yang disuguhkan sehingga Kader IMM mampu untuk menjawab tujuan itu.

Aliansi OKU Timur datangi Baznas Serahkan Bantuan Peduli Palestina

Darul Arqam Paripurna di Ternate ini di ikuti sebanyak 37 kader se-Indonesia termasuk 2 diantaranya dari DPD IMM Kalsel. Prinsip perkaderan tersebut meliputi Perkaderan Utama tingkat ketiga dari tiga tingkatan perkaderan dan merupakan prasyarat bagi calon tingkatan daerah bahkan pusat tersebut tentunya.

Dalam Sistem Perkaderan Ikatan juga disebutkan bahwa Tujuan dari Darul Arqam Paripurna meningkatkan mutu Anggota IMM hingga mencapai Kualifikasi Kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat nasional serta Spesifikasi Orientasi Darul Arqam Paripurna ini adalah pada penguatan wawasan kepemimpinan.

Tentunya kita akan berkaca serta bercemin pada Tujuan itu sendiri yakni wawasan atau spesifikasi apa yang akan diberikan sinyalir kepada taraf cabang ataukah kader-kader demikian agar mampu mencapai kualifikasi Target Darul Arqam Paripurna tersebut.
Mengingat bahwa tingkatan Daerah adalah komposisi yang begitu rentan dengan daya guna keilmuan dan partikulasi wawasan juga maka selayaknya mampu untuk menjembatani kader-kader yang ada taraf tingkatan baik itu cabang ataukah komisariat bahkan bagian kader yang masih dalam pengembangan prosesinya.

Pentingnya Perkaderan di IMM
Tidak luput sudah rasanya jika IMMawan dan IMMawati ini juga mengiktiarkan diri dalam proses jenjang perkaderan dimula dari Darul Arqam Dasar melanjutkan Darul Arqam Madya serta Darul Arqam Paripurna sehingga Kualitas dan Otoritas diri sudah mampu menjamahi wawasan baik itu dari Interalnya ataukah Eksternalnya juga sehingga tujuan dari perwujudan dari Sistem Perkaderan itu nyata adanya dalam Eksistensi diri Kader ataukah Pimpinan tersebut.

Dalam hal ini juga menyatakan bahwa Perkaderan Darul Arqam Paripurna ini sebagai salah satu syarat dari jenjang Daerah dan Pusat sehingga akankah mampu jangkauan yang diberikan ini dapat terisolir ataukah mengakibatkan stagnasi kepemimpinan dalam mencapai tujuan terebut.

Teologi Kiri: Menelisik Pemikiran Abdul Munir Mulkhan

Semoga dalam Aktualisasi Nilai Integritas mampu terjaga serta menjembatani dalam proses menuju kepemimpinan kolaboartif yang memproduksi serta memberikan nilai esensi dalam setiap perkaderan baik itu berisfat wawasan intelektual atau sosialnya. Sehingga Perkaderan DAP yang telah diselenggrakan ini mempunyai nilai serta output dalam lingkungan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kalimantan Selatan itu sendiri.
*Ketua Umum PC IMM Banjar

Tim Redaksi al-ashr.id