Kota Banjarmasin — Berbagai kegiatan dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) di Kalimantan Selatan pada bulan Ramadhan 1442 H lalu. Selain melakukan penghimpunan, Lazismu juga melakukan pendistribusian hak para mustahik, salah satunya melalui program Kado Ramadhan. Pembagian Kado Ramadhan dilakukan pada beberapa daerah oleh Lazismu, di antaranya sejumlah 300 paket dari Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan yang disebar melalui beberapa Lazismu Daerah di Kalimantan Selatan.

Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Ahmad Rifani, S.E., M.M. menjelaskan pada Senin (10/05) bahwa program Kado Ramadhan dilaksanakan dengan berbagai bentuk namun tetap mengacu kepada Rencana Strategi (Renstra) Lazismu 2021-2025 yang diturunkan dari Lazismu Pusat, sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Aksi Layanan (IKAL) yang ditetapkan. “Pelaksanaan kegiatan Kado Ramadhan di tingkat wilayah serta turunannya merupakan bentuk dukungan dalam mengimplementasikan IKU/IKAL yang sudah ditetapkan bersama oleh Lazismu yang tertuang dalam Renstra Lazismu 2021-2025,” terangnya.

Baca juga: Bakti Guru Bersama Lazismu Al Ummah

Rifani juga menerangkan bahwa dalam bulan Ramadhan 1442 H Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan telah menjalin koordinasi ke daerah-daerah mencoba untuk melaksanakan program Kado Ramadhan tersebut. “Kami berupaya untuk koordinasi ke Lazismu Daerah maupun Kantor Layanan untuk program tersebut. Selanjutnya ada yang dilaksanakan oleh Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan sendiri maupun dilaksanakan oleh Lazismu Daerah dan Kantor Layanan,” imbuhnya.

Salah satu Lazismu Daerah yang mendapatkan kepercayaan untuk mendistribusikan Kado Ramadhan tersebut adalah Lazismu Kabupaten Tanah Laut. Mardlatillah Al Faruq selaku Manajer Lazismu Kabupaten Tanah Laut menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan yang telah diberikan untuk pendistribusian Kado Ramadhan. “Alhamdulillah kami bersyukur diberikan kepercayaan dari Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan untuk menyalurkan 50 paket bantuan di Kabupaten Tanah Laut,” ujarnya.

Faruq juga menjelaskan bahwa Kado Ramadhan tersebut nantinya akan menyasar para sesepuh Muhammadiyah. “Paket nantinya akan kami serahkan ke sesepuh Muhammadiyah di Tanah Laut yang berjasa dalam berjuang dan membesarkan Muhammadiyah, di antaranya berdomisili di Cabang Muhammadiyah Kintap, Cabang Muhammadiyah Batu Ampar, Kurau, dan Pelaihari,” tutupnya.

Baca Juga: Teologi Kiri: Menelisik Pemikiran Abdul Munir Mulkhan

Selain itu Manajer Lazismu Kabupaten Banjar, Ginanjar Sutrisno yang daerahnya juga mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan Kado Ramadhan menerangkan bahwa di Kabupaten Banjar penyalurannya dibantu oleh Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah. “Setelah kami terima di kantor Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, pertama kami melaksanakan koordinasi dengan Pengurus dan diputuskan dalam penyalurannya kami dibantu oleh Ortom Angkatan Muda Muhammadiyah seperti Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah dengan penerima manfaat berbeda, misalnya Nasyiatul Aisyiyah menyasar lansia dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah menyasar guru-guru Muhammadiyah,” terangnya.

Selain Lazismu Kabupaten Tanah Laut dan Lazismu Kabupaten Banjar, terdapat enam Lazismu Daerah lain yang ikut menyalurkan. Di antaranya adalah Lazismu Kota Banjarmasin, Lazismu Kabupaten Tapin, Lazismu Kota Banjarbaru, Lazismu Kabupaten Tabalong, Lazismu Kabupaten Tanah Bumbu dan Lazismu Kabupaten Kotabaru dengan jumlah yang beragam di setiap daerah. (MDN)

Editor: Redaksi al-ashr.id