al-ashr.id , Kabupaten Tanah Bumbu — Aksi kemanusiaan relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan untuk membantu mereka yang terdampak banjir di Kabupaten Tanah Bumbu terus berlanjut. Setelah menginisiasi berdirinya Pos Koordinasi, Muhammadiyah Kalimantan Selatan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) juga mendirikan Pos Pelayanan untuk merespon kebutuhan warga. Layanan yang diberikan berupa dapur umum untuk memenuhi permintaan makanan siap saji.

Pos Koordinasi ini dibuka di Jl. Raya Provinsi Batulicin – Pelaihari Km. 165 (Samping Bank Mandiri), Makmur Mulia, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, sementara Pos Pelayanan Dapur Umum berada di Jl. Karya Bersama 3 (Depan SD Negeri 3 Sungai Danau), Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga : Gunakan trial, Pemuda Muhammadiyah Tiwingan sebarkan paket bantuan ke pelosok Desa

Pada hari pertama, Pos Pelayanan Dapur Umum telah menyiapkan sebanyak 695 nasi bungkus untuk didistribusikan kepada warga. Distribusi tersebut tidaklah mudah, mengingat tingginya air yang menggenangi beberapa desa di Kecamatan Satui sehingga harus menggunakan perahu karet. Selain nasi bungkus, relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan juga mendistribusikan pakaian pantas pakai kepada warga.

Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Wilayah Kalimantan Selatan, Miftah Farih menyebutkan bahwa rintangan yang dihadapi oleh relawan tidaklah ringan. Mereka harus bergerak pelan membawa bantuan dengan perahu karet. “Air yang dilewati cukup tinggi sehingga relawan juga harus menjaga keselamatan mereka. Selain itu, arus air juga bisa membuat relawan terjatuh,” jelasnya. Ia menambahkan bahwa relawan bekerja dengan penuh semangat untuk membantu warga terdampak. “Semangat para relawan patut dicontoh. Meski libur lebaran, relawan tetap membantu korban banjir,” tambahnya.

Mardlatillah Al Faruq merupakan salah satu relawan dari Kabupaten Tanah Laut yang juga ikut terjun membantu warga. Ia datang ke Kabupaten Tanah Bumbu bersama relawan Kabupaten Tanah Laut lainnya yang berdekatan dengan lokasi banjir. “Relawan yang diturunkan hari ini (16/05) berjumlah 25 orang.

Baca Juga : Bakti Guru Bersama Lazismu Al Ummah

Selain relawan kami juga membawa paket sembako serta peralatan masak untuk keperluan Pos Pelayanan,” jelasnya. Al Faruq yang juga merupakan amil Lazismu Kabupaten Tanah Laut ini datang untuk membantu menginisiasi Pos Pelayanan Dapur Umum dengan membawa peralatan memasak serta beberapa tabung gas 12 kg dan tabung gas 5 kg, selain bahan baku untuk memasak seperti sembako serta sayur mayur.

Pos Pelayanan Dapur Umum Muhammadiyah menyediakan makanan siap saji berupa nasi bungkus setiap hari. Nurdian, Komandan Pos Koordinasi Muhammadiyah menjelaskan bahwa untuk hari pertama mereka memasak untuk sekitar seribu porsi. “Untuk hari pertama buka kemarin (15/05) kami menyediakan lebih kurang seribu bungkus makanan. Untuk hari ini (16/05) direncanakan dengan jumlah yang sama,” terangnya. Ia juga menambahkan bahwa pagi ini nasi bungkus telah disalurkan kepada warga. “Alhamdulillah tadi pagi telah disalurkan berjumlah 450 bungkus,” tutupnya.

Hujan deras masih mengguyur beberapa kawasan Kabupaten Tanah Bumbu. Meski di beberapa daerah ketinggian banjir ada yang mengalami penurunan, namun di RT. 1 dan RT. 2 masih terendam hingga sepinggang orang dewasa. Keadaan cuaca tersebut sedikit menghalangi mobilitas relawan dalam mendistribusikan makanan siap saji maupun berbelanja untuk kebutuhan dapur umum, namun tidak mengurangi semangat dalam membantu warga terdampak banjir.

Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan terus membuka donasi melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI/BSM) 7100799299 atas nama Lazismu Kalimantan Selatan, sertakan kode unik 300 pada tiga digit terakhir nominal donasi, misal Rp. 1.000.300,-. Setiap donasi yang mengalir akan sangat berarti untuk membantu mereka yang terdampak bencana di Kalimantan Selatan. (MDN)

Editor: Redaksi Al-ashr.id