Kota Banjarbaru — Dengan dukungan penuh Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Banjarbaru, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kota Banjarbaru membantu warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri (isoman) pada Ahad (08/08).

Muhammadiyah di Kota Banjarbaru membentuk Tim Tanggap PPKM yang prakarsai oleh MCCC yang didukung Lazismu guna membantu masyarakat dalam menjalani isoman, mengingat selama masa isoman masyarakat yang terdampak tentu akan mengalami kesulitan dalam mobilitas yang terbatas dan kondisi kesehatan yang menurun.

Bantuan kepada warga ini juga sebagai respon dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 oleh Pemerintah Kota Banjarbaru sejak 26 Juli 2021 yang dilaksanakan secara beragam dan sesuai keperluan serta terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

dr. Ahmad Rezqy Fadhillah, Ketua MCCC Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa aksi yang dilakukan ini sebagai dukungan kepada warga Kota Banjarbaru yang sedang menjalani isoman. “Kami melakukan beragam kegiatan seperti memberikan dukungan moril dan materil sesuai keperluan masyarakat Banjarbaru yang terdampak Covid-19 dan sedang menjalankan isolasi mandiri.

Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar seperti sembako, obat-obatan maupun kebutuhan lain yang diperlukan selama isolasi mandiri berdasarkan identifikasi tim dan didistribusikan langsung kepada warga terdampak tersebut. Selain itu program ini memfasilitasi konsultasi medis dengan dokter melalui telemedisin dan informasi lain yang terkordinasi dengan program Garda Lima yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kota Banjarbaru,” jelasnya.

Rezqy juga mengharapkan agar dengan kegiatan ini pihaknya berharap dapat membantu masyarakat Banjarbaru yang terdampak. “Dengan adanya program ini tentunya diharapkan bisa membantu masyarakat baik secara moril maupun materil minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar selama masa isoman, serta yang tak kalah penting sebagai upaya mendukung pemerintah menjalankan PPKM level 4 dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19 Banjarbaru agar dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Selain itu, Rezqy juga menerangkan proses pendataan warga yang sedang menjalani isoman. “Kami sejak dijalankannya program membuka kesempatan kepada warga yang memerlukan berupa form isian. Bahkan hingga Jum’at tanggal 6 Agustus 2021 pukul 22.00 WITA, tercatat 111 KK (356 jiwa) yang sudah mendaftarkan diri sedang menjalani isoman. 96 KK (298 jiwa) diantaranya telah kami salurkan bantuan,” tambahnya.

Senada dengan itu Manajer Lazismu Kota Banjarbaru, Tito Dwi Wirawan menyampaikan pula bahwa Lazismu mendukung dari segi penerimaan donasi. Pihaknya banyak menerima bantuan baik berupa uang maupun barang dari berbagai donatur. “Donasi cenderung berbentuk uang tunai yang ditransfer para donator melalui rekening, kendati ada pula beberapa bantuan berupa barang dari beberapa lembaga. Contohnya seperti beberapa dus karton susu UHT dari Sabar Menanti Coffee Roastery, makanan siap santap dari Kementan Balitbangtan BPTP Kalsel, dan lain-lain,” jelasnya.

Tito juga menerangkan bahwa paket bantuan yang diberikan kepada warga mulai dari bahan pokok hingga obat-obatan. “Paket bantuan yang kami berikan berupa sembako yaitu beras, minyak goreng, mie instan, telur ayam, sarden, susu UHT dan berbagai keperluan lain seperti obat-obatan, multivitamin, serta suplemen makanan seperti buah-buahan dan madu yang diminta oleh penerima manfaat berdasarkan informasi yang diterima,” terangnya.

Tito menjelaskan pula terkait waktu pelaksanaan program mengikuti intruksi pemerintah terkait PPKM di Kota Banjarbaru. “Kami bersepakat bersama Tim Tanggap PPKM MCCC Banjarbaru dalam menjalankan program baik itu telemedisin maupun penyaluran paket bantuan mengikuti instruksi terkait PPKM oleh Pemerintah Kota Banjarbaru. Begitu pula Lazismu dalam hal membuka donasi.

Perlu diketahui untuk saat ini donasi yang kami peroleh sejumlah 18.900.000 rupiah,” jelasnya. Lazismu Kota Banjarbaru saat ini masih membuka kesempatan untuk para donatur dalam ikut mendukung program Tanggap PPKM oleh Muhammadiyah Kota Banjarbaru dengan mengirimkan donasi melalui rekening Bank Syariah Indonesia 4444243450. Untuk konfirmasi atau lain-lain bisa menghubungi narahubung 0822 5536 5000. (MDN)

Editor : Muhammad Yahya