al-ashr.id, Kota Banjarmasin — Program Bakti Guru merupakan salah satu program unggulan Kantor Layanan (KL) Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Al Ummah Kota Banjarmasin. Program yang dikemas dalam bentuk Kado Ramadhan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang di bidang pendidikan dan untuk membantu perekonomian mereka di tengah situasi pandemi.

Pada Senin (26/04) KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin menggelar program Bakti Guru di beberapa sekolah yang ada di sekitar Kantor Layanan tersebut. Miftah Farih selaku Kepala KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin menerangkan bahwa program tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin. “Pelaksanaan program Kado Ramadhan berupa Bakti Guru ini kami laksanakan secara rutin sebagai penghargaan kepada guru yang mengabdikan diri di Persyarikatan Muhammadiyah,” terangnya.

Baca Juga : Pemulihan Pasca Banjir MDMC Banjarmasin Menuju HST

Kado Ramadhan dalam program Bakti Guru ini berupa paket sembako yang diberikan kepada guru-guru TK ABA, MIM, dan TPA. Selain itu, pihak KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin juga menyalurkan bantuan ini kepada takmir/marbot, imam masjid, serta jamaah fakir miskin di sekitar Masjid Al Ummah. “Sesuai namanya yaitu Bakti Guru, kami memberikan tali asih berupa paket sembako yang kami siapkan sejumlah 100 paket dengan rincian guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al Ummah sebanyak 18 paket, guru MIM (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah) Kertak Hanyar Cabang 11 Banjarmasin 10 paket, TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an Al Ummah 8 paket. Selain itu karena berlebih kami juga memberikan kepada takmir/marbot dan imam Al Ummah untuk sisanya, kemudian jamaah fakir miskin sekeliling masjid,” jelasnya.

Farih menambahkan untuk program penyaluran paket sembako sejenis ini sebenarnya juga rutin dilakukan di luar bulan Ramadhan dengan penerima manfaat para fakir miskin yang telah didata. Jumlah yang disalurkan pun mencapai ratusan paket setiap bulan.

Baca Juga : Pentingnya Ilmu Pengetahuan Dalam Islam

Sementara itu Rini, Kepala TPA Al Ummah menyampaikan rasa terima kasih kepada KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin. “Kami dari ustadz dan ustadzah TPA Al Ummah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Lazismu Al Ummah berupa tali asih dalam program Bakti Guru ini,” ungkapnya.

Adapun untuk harga satu paket yang diberikan senilai 170.000 rupiah dan diserahkan secara langsung ke tiap lokasi penerima manfaat. KL Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin berkomitmen untuk terus menggelorakan zakat sebagai pengentas kemiskinan, terutama di Kota Banjarmasin. (MDN)

Editor : Redaksi al-ashr.id